Senin, 19 April 2010

Produksi Kripik Buah

Menikmati buah-buahan segar bisa dengan beberapa cara. Dimakan secara langsung, dicampur dengan bahan lain seperti es atau kue. Akan tetapi cara di atas, buah-buahan tersebut tidak dapat bertahan lama. Telah ditemukan cara membuat kripik buah dangan cara menggoreng dengan tabung hampa. Air dihisap sembari digoreng sampai tabung tidak mengandung air lagi. Kandungan Kripik Buah yang dihasilkan relative tidak berubah, dalam arti kandungan vitamin-nya yang berkurang hanya sedikit saja. Rasa dan warna kripik buah ini sama seperti buah segar.
Selanjutnya akan dibahas cara membuat kripik buah.

Untuk membuat kripik buah dibutuhkan dibutuhkan beberapa hal sebagai berikut:

-Bahan baku
-Mesin pengolah kripik

Bahan baku terdiri dari:
1.1 Buah Segar
Buah segar dengan kualitas yang bagus sangat dianjurkan untuk membuat kripik buah. Usahakan buah-buahan tersebut ukurannya seragam, sekurang-kurangnya potongan buah tersebut harus seragam. Ini diperlukan supaya kematangan dari kripik buah merata.
1.2 Minyak Goreng
Diperlukan minyak goring dengan kualitas yang bagus supaya menghasilkan kripik buah yang renyah dan berkualitas prima. Minyak goreng mempunyai batas sampai berapa kali dapat digunakan untuk menggoreng buah.

Mesin pengolah Kripik-Buah:
2.1 Mesin Penggoreng Hampa
Mesin penggoreng hampa berfungsi menyedot kandungan air didalam buah, sehingga tidak menyebabkan buah gosong/browning. Hal yang perlu diperhatikan dengan kualitas penggoreng hampa ini adalah:
-Kualitas tabung penggoreng hampa. Apakah benar-benar hampa? Bagaimana dengan ketebalan tabung? Jika terlalu tipis tabung akan mudah berubah bentuk dan sebaliknya jika terlalu tebal akan menyebabkan lamanya proses penggorengan dan menyebabkan membengkaknya biaya untuk listrik, gas dan minyak goreng.
-Kualitas Pendingin/Kondensor. Apakah sistem kondensor menggunakan tabung pendingin? Apakah menggunakan nosel untuk menyemburkan air?
-Kualitas selang penyedot. Selang penyedot harus menggunakan selang khusus berkualitas tinggi.
-Kotak Kontrol. Kotak kontrol berfungsi mengatur suhu dan gas. Apakah kontak kontrol digital lebih bagus daripada manual, karena tingkat presisinya lebih tinggi.
Jika anda ingin memiliki vacuum frying dengan spesifikasi di atas, anda dapat menghubungi kami. Kami adalah ditributor vacuum frying berkualitas tinggi. Anda dapat melihat contoh mesin vacuum frying di tempat kami sembari melihat proses pembuatan Kripik Buah ini.
2.2 Spinner.
Berfungsi mengurangi kandungan minyak Kripik Buah.
2.3 Sealer.
Berfungsi merapatkan kemasan dari udara luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar